bencana tsunami karna gempa bumi

Mbrasanby NazwaTsunami ( diucapkan soo -na- Mees) , juga dikenal sebagai gelombang laut seismik ( keliru disebut "gelombang pasang "), adalah serangkaian gelombang besar yang diciptakan oleh gangguan bawah air seperti gempa bumi , tanah longsor , letusan gunung berapi, atau meteorit. Tsunami dapat memindahkan ratusan mil per jam di laut terbuka dan menghancurkan ke dalam tanah dengan gelombang setinggi 100 kaki atau lebih.

Mbrasanby NazwaDari daerah mana berasal tsunami , gelombang perjalanan ke luar ke segala arah. Setelah gelombang mendekati pantai, itu membangun tingginya . Topografi di garis pantai dan dasar laut akan mempengaruhi ukuran gelombang . Mungkin ada lebih dari satu gelombang dan yang berikutnya mungkin lebih besar dari yang sebelumnya . Itu sebabnya tsunami kecil di salah satu pantai bisa menjadi gelombang raksasa beberapa mil jauhnya.
Mbrasanby NazwaSemua tsunami berpotensi berbahaya , meskipun mereka tidak dapat merusak setiap garis pantai mereka menyerang . Tsunami dapat menyerang di mana saja sepanjang sebagian besar S U. . garis pantai. Tsunami paling parah terjadi di sepanjang pantai California , Oregon , Washington , Alaska , dan Hawaii .
Gempa yang disebabkan pergerakan dasar laut yang paling sering menimbulkan tsunami . Jika gempa bumi besar atau tanah longsor terjadi dekat dengan pantai, gelombang pertama dalam seri bisa mencapai pantai dalam beberapa menit , bahkan sebelum peringatan dikeluarkan. Daerah berada pada risiko yang lebih besar jika mereka kurang dari 25 meter di atas permukaan laut dan dalam mil dari garis pantai. Tenggelam adalah penyebab kematian paling umum yang terkait dengan tsunami. gelombang Tsunami dan air surut sangat merusak struktur di zona-up dijalankan. bahaya lainnya termasuk banjir , kontaminasi air minum, dan kebakaran dari pipa gas atau tangki pecah .
Bagaimana saya bisa melindungi diri dari tsunami ? Mengambil langkah-langkah pengaman :

Comments :

0 komentar to “bencana tsunami karna gempa bumi”

Posting Komentar